Rabu, 08 Agustus 2018

Memanfaatkan Pekarangan Rumah Untuk Kolam Ikan Lele

Memanfaatkan lahan yang ada menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan. Itulah yang menjadi keunggulan dari usaha yang dirintis Ahmad Fauzi dengan usaha budidaya ikan lelenya. Lahan kosong di lingkungannya tidak dibiarkan kosong dengan cara mengembangbiakan ikan berkumis yang sedang naik daun itu. Ia tidak sendiri karena para tetangganya ia ajak bisnis serupa dengan tujuan kemajuan ekonomi masing-masing.

ikan lele kolam terpal di pekarangan

Latar Belakang Bisnis Budidaya Ikan Lele di Pekarangan

Latar belakang bisnis Ahmad Fauzi ini bermula dari melihat realita kondisi lingkungan di pedesaan, terutama di area tempat tinggalnya. Di daerah, rata–rata masyarakat memiliki lahan pekarangan rumah yang cukup luas dan tidak terpakai. Dari kondisi tersebut, dia berpikir bagaimana mencari solusi agar lahan pekarangan disamping rumah yang tidak terpakai tersebut menjadi lebih bisa dimanfaatkan agar bisa lebih bernilai ekonomis. Untuk itu Ahmad Fauzi mencoba untuk memanfaatkan lahan tersebut menjadi kolam ikan air tawar. Ikan yang dibudidayakan adalah ikan lele.
Dengan adanya kolam tersebut maka lahan pekarangan yang semula tidak bernilai ekonomis,kini bisa menjadi lebih produktif. Pencapaian yang sudah Ahmad Fauzi raih saat ini adalah dimana dia memiliki 5 kolam ikan lele di samping rumah. Dengan kolam tersebut Ahmad Fauzi mampu menghasilkan pendapatan setiap bulannya dan mampu belajar berbisnis. Pencapaian terbesarnya adalah dapat menjadi contoh bagi masyarakat sekitar sehingga termotivasi untuk menjalankan bisnis serupa dengan memanfaatkan lahan yang semula tidak bernilai produktif.

Mengangkat Perekonomian Lokal

Hal yang telah Ahmad Fauzi lakukan selama ini adalah memberi contoh sehingga masyarakat menjadi lebih termotivasi agar memanfaatkan lahan pekarangan rumah tersebut lebih bernilai dan lebih produktif.
Hal yang akan dia lakukan dalam mengangkat perekonomian daerahnya setelah bisnis ini berkembang adalah menciptakan dan melakukan kemitraan kerjasama operasional dengan warga sekitar. Di mana nantinya saya akan mengajak kerjasama dengan masyarakat dalam budidaya ikan lele. Pihak bermitra atau masyarakat akan diberi modal serta bimbingan dalam budidaya lele.
Sementara masyarakat bertanggung jawab atas budidaya tersebut sampai panen. Kemudian hasil panen tersebut akan dibeli jika masyarakat menghendaki. Akan tetapi Ahmad Fauzi juga akan membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin menjual langsung ke pihak lain.

Sumber :
http://www.bibitikan.net/memanfaatkan-pekarangan-rumah-untuk-tambak-ikan-lele/
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar